Sunday, May 16, 2010

Apa yang Terjadi dengan Dunia Pendidikan Kita ??

Beberapa hari yang lalu, kita dikejutkan dengan berita ketidaklulusan para siswa SLTA yang bisa menembus angka 154.079 siswa atau 10,12%. Itu berarti persentase kelulusan tahun 2010 ini semakin turun dibandingkan tahun 2009.

Ada beberapa komentar yang saya baca, bahwa meningkatnya angka ketidak lulusan para siswa diakibatkan semakin ketatnya pengawasan serta kejujuran para siswa semakin tinggi. lho kok???

Saya jadi bingung, kalo memang kejujuran dikedepankan, maka saya jadi bertanya-tanya apakah di zaman saya dulu saat saya sekolah banyak kecurangan dan ketidak jujuran para siswa sehingga kami semua lulus? apalagi saat itu tidak adanya ujian ulangan seperti beberapa tahun.

Gejala apakah ini????? Siapakah yang patut disalahkan, para siswanya, para gurunya, kurikulumnya, para orang tuanya, ataukah zamannya??? inilah wacana buat kita semua....

1 comment:

helmysuperstudent said...

ketidaklulusan tidak diakibatkan karena tingkat kejujuran yang tinggi. Tetapi lebih karena menggunakan jawaban palsu.

Itulah kenapa samapai saat ini nilai UAN tidak bisa digunakan untuk masuk ke PTN.

Reviewmu.com Paid Review Indonesia Adsense Indonesia