Friday, April 11, 2008

Budayakan Membaca.........


Membaca sebenarnya adalah kegiatan yang mengasyikan, terutama bila ada judul-judul yang menarik dan dilakukan di waktu senggang kita. Kegiatan membaca ini juga menjadi kebiasaan para pelajar dan mahasiswa saat mereka akan ujian, ada tugas dan lain sebagainya dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka saat "study"


Tetapi bila budaya membaca kita kembangkan tidak hanya saat kita menyandang predikat pelajar/mahasiswa, tentu masyarakat kita akan mempunyai pengetahuan lebih disegala bidang. Sehingga akan menciptakan generasi-generasi cerdas entah itu murid-murid yang pandai, berbagai profesi yang menguasai bidangnya dan berwawasan luas serta ibu-ibu rumah tangga yang bisa mengurangi waktu luangnya untuk ngerumpi dengan pengetahuan yang belum pernah mereka dapatkan.


Sering saya melihat banyak kalangan masyarakat kita yang mengisi waktu luangnya dengan berbagai kegiatan yang kurang baik. Main Kartu, Mabuk-mabukan, Ngerumpi bahkan semakin banyaknya anak-anak asyiknya main PS di jam-jam untuk belajar, pada waktunya untuk mengaji ataupun waktu untuk istirahat tanpa teguran yang berarti dari orangtuanya.

Bagi saya pribadi, membaca adalah hobi saya. Untuk membuat blog inipun waktu saya banyak tersita untuk membaca demi untuk mempercantik blog saya walaupun blog saya saat ini pun biasa-biasa saja (hehehe.....)tapi itu semua adalah prestasi bagi saya pribadi karena saya orang awam di bidang ini. Saat saya sulit tidur, membaca adalah pilihan utama saya begitu juga saat hati saya gelisah.

Budaya membaca bisa dimulai dari usia kanak-kanak dengan bantuan orang tua yang membiasakan diri untuk membaca saat bersama buah hati mereka. Ajaklah mereka ke toko buku saat liburan dan belilah buku-buku cerita bergambar yang menarik dan bagus muatannya dan yang sesuai dengan usia mereka.

Memberikan hadiah berupa buku-buku yang bermanfaat dan menarik saat ulang tahun, kenaikan kelas, kelulusan sekolah ataupun saat qatam Iqro' ataupun Qur'an bisa juga cara untuk meningkatkan kemauan membaca.

Buku adalah jendela dunia......marilah kita lestarikan budaya membaca untuk keberhasilan bersama. Mulailah budaya membaca ini dengan lingkungan keluarga dan orang-orang terdekat kita. Mari kita ciptakan generasi-generasi cerdas dan pribadi yang bijak serta berwawasan luas.

No comments:

Reviewmu.com Paid Review Indonesia Adsense Indonesia